Saturday, November 9, 2013

Masih Muda Depresi Karena Putus Cinta? No Way

Shasi ngamuk-ngamuk, pulang sekolah semua kena semprot. Bukan Cuma adek-adeknya, mamanya pun kena. Cuma gara-gara diputusin cowoknya. Ya eellah…santai aja kali. Abis diputusin galau, trus merasa dunia akan runtuh. Ngak mau makan, ngak mau ngapa-ngapain kerjanya Cuma sesenggukan. Padahal cowoknya udah ngegandeng cewe lain, eh dianya masih terpuruk. Kesian amat. Lama-lama kalo diterus-terusin bisa-bisa Shasi depresi tuh. Haiyoo, Shasi … MOVE ON!!!


Buat Shasi, mending kamu ikutin saran saya ya…
· Mendingan kamu pulang sekolah tidur deh. Ngak usah ngerepotin mama kamu yang udah rempong ngurusin kamu dari pagi sampe malem dan ngak berenti-berenti ngurusin rumah. Ngak baiklah marah-marahin mama sendiri. Dosa tauuu…
Makanya mending tidur aja karena dengan tidur kita juga dapat mengistrirahatkan otak kita dari pikiran-pikiran negatif. Walaupun tidak menyelesaikan masalah setidaknya membuat kita menjadi tenang sesaat.

· Olah raga dapat membantu tubuh memproduksi endorphin (zat kimia alami) dari dalam tubuh yang membuat seseorang menjadi merasa lebih bahagia serta bugar. Olah raga yang gampang-gampang saja, tidak perlu angkat besi atau menembak *nah lho… kalo ini mah ada motif dendam, eh..jangan lah. Nembak cowok aja biar aman. Lhaa…emangnya bolee nembak cowok? Ya boleee boleee saja asal kamu ngak tengsin. Tembak yang saya maksud adalah tembak hatinya bukan nyatain(menyatakan) maksudnya. Inget!! Terutama buat cewek-cewek cute yang jomblo nih, bahwa siap-siap aja kecewa kalo mau nembak cowok imoet nan terawat karena siapa tau dia udah punya cowok…Lol.

Coba deh olah raga seperti jogging, nge-gym, aerobic, berenang yang cuma butuh baju dan sepatu olah raga. Cukup berolah raga juga bisa membuat suasana hati ceria, ya itu karena hormon endorphin tadi. Jadi mulai sekarang jadwalkan olah raga minimal seminggu 3 kali supaya bugar dan sehat.

· Minum cukup air putih yang banyak. Kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi.
‘tapi kok aku dah banyak minum tetep aja dehidrasi?’ / ‘emang kamu minum apa?’ / ‘fanta, coca-cola’ / ‘ya iyalaaaaa….itu kan minuman bersoda mengandung bahan kimia jadi ngak ada fungsinya buat tubuh. Air putih.

· Menulislah. Dengan menulis dapat men-transfer emosi kita dalam bentuk tulisan. Menulis bisa di mana saja. Bisa di buku harian, di blog asal jangan di tembok ya *kek anak kecil aja. Manfaatnya tak lain supaya dada menjadi plong dan tidak digerogoti sama yang namanya depresi.

· Beredarlah. Maksudnya kamu jangan menutup diri. Santai aja, ngak semua orang tau masalah kamu kali *jangan geer. Bersosialisasilah dengan teman-teman kamu. Janganlah menjadi seorang pertapa seperti jamannya empu gandring *udah ngak musim kali keris sekarang musim gadget. Mending keluar rumah dan tegurlah semua orang yang kamu kenal. Berbicara dengan orang lain walaupun hanya sekedar say hello dijamin akan membuat kamu lebih baik.

· Berdoalah dan bersyukurlah. Curhatlah kepada Tuhan, lebih aman daripada curhat kepada orang lain. Kecuali sahabat kamu yang bisa dipercaya. Karena salah-salah bukannya masalah kamu selesai malah kamunya digosipin. Jadi tambah strees dan depresi nanti, itu dampak negatif, dampak positifnya kamu jadi nge-TOP. Setelah berdoa tersenyumlah tanda bahwa kamu bersyukur karena masih ada orang-orang yang sayang sama kamu, seperti mama/papa, adek dan sahabat-sahabat baik.

· Belajar mencintai. Mencintai apa saja, binatang peliharaan, tumbuh-tumbuhan atau mencintai hobi dan menekuninya. Kamu bisa coba piara ikan cupang, kucing atau burung beo *ajari burung beo-nya bilang: ‘mantan jelek…mantan jelek. Wekekek…jangan ding, ingat ngak bole dendam hehe. Tapi point yang lebih penting adalah belajar membuka diri dan mencintai orang lain.

________________

also published :Kompasiana 

No comments:

Post a Comment