Saturday, November 9, 2013

Dunia Sangat Kompetitif Maka Pertajam Cara Berpikir Otak Anda

Otak kita adalah aset yang paling penting disaat kita hidup di dunia yang sangat kompetitif ini. Bagaimana kita dapat berpikir smart dan tepat sasaran bila otak lemot dan cara kerjanya tidak maksimal. Otak bagi manusia adalah mesin yang kompleks. Contoh kecil yang saya alami adalah saat saya sedang sholat karena tidak konsentrasi kadang lupa saya sudah rakaat ke berapa? Parah ngak tuh. Lha gimana mau konsen, orang lagi sholat diajak ngomong. Akhirnya ulang deh sholatnya.

Trus saya mulai mikir serius, ini tanda otak saya mulai lemah. Para ilmuwan telah menemukan cara kerja otak, tapi seperti yang pernah saya baca, hal-hal itu bersifat teori saja. Berarti harus disesuaikan dengan kehidupan kita sehari-hari.  Jadi kita perlu melatih otak dengan benar dalam keseharian kita. Sayapun mulai mencari tahu, bagaimana sih cara kerja otak? Karena cara berpikir otak yang tajam akan menguntungkan kita dalam jangka panjang. Cara kerja otak bisa dibaca di sini

Setelah saya pelajari, mulailah saya me-review dalam kehidupan keseharian yang mungkin sudah membuat otak saya tumpul. Woaa … harus cepat-cepat dirubah nih kebiasaan hidup yang tidak menguntungkan. Maka kesimpulan saya adalah sebagai berikut :

* Terlalu sering menonton TV atau bermain game yang tidak bermanfaat
Tidak ada salahnya menonton TV atau bermain game, terutama bila acaranya bermanfaat dan menambah pengetahuan kita. Selama kedua hal itu bisa dinikmati secukupnya. Masalahnya kita kadang seringkali berjam-jam tidak melakukan kegiatan apa-apa kecuali nongkrong di depan tv (selama berjam-jam) hanya untuk menonton acara tv berkualitas rendah.

Kegiatan yang kurang bermanfaat juga mengambil sebagian besar memori dalam otak sehingga mempengaruhi kemampuan konsentrasi dan memperlambat fungsi kognitif Anda.  Akibatnya secara tidak disadari otak akan menjadi lelah. Sel-sel otak yang lelah kemungkinan akan mati. Bila sudah mati sel-sel otak tersebut tidak dapat di regenerasi. Jadi minimalkan kerusakan otak secara alami ini dengan merubah cara hidup yang tidak bermanfaat.

* Perbanyak mengkonsumsi makanan yang dapat menjadi nutrisi bagi otak
Konsumsi makanan yang mengandung lemak sehat dan asam lemak, seperti terkenal Omega-3 dan Omega-6 yang dapat ditemukan dalam lemak ikan seperti salmon atau tuna yang sebaiknya dikonsumsi secara fresh. Tapi makanan nutrisi otak ini bisa juga dikonsumsi dalam bentuk suplemen yang banyak beredar di pasaran. Omega-3 dan Omega-6 diyakini dapat melindungi otak dan dapat menghasilkan sel-sel otak baru. Selain itu anda juga perlu meningkatkan asupan wortel, bawang putih,brokoli dan minyak zaitun. Mengolahnya juga jangan terlalu lama karena panas dapat merusak gizi yang ada dalam makanan sehingga nutrisinya akan hilang. Jenis makanan yang dapat membuat otak encer dapat dibaca di sini

* Menghafal sesuatu untuk melatih otak berpikir
Yang saya suka dan sangat menyenangkan  adalah menghafal lirik lagu. Hal ini juga karena saya sangat suka mendengarkan musik. Musik klasik atau instrumentalia dapat menenangkan otak sementara menghafal lirik lagu dapat melatih otak berpikir. Belajar bagaimana menghitung cepat tanpa ketergantungan dengan kalkulator juga melatih otak berpikir.

Jadi selama anda mendengarkan sebuah lagu, anda juga bisa ikut bernyanyi dengan lirik yang benar. Tidak hanya dubidubidam atau tralala trilili…hehe. Coba saya tanya sekarang, Anda hafal tidak lagunya Adele, Set fire on the rain atau yang gampangnya aja deh lagu kebangsaan kita Indonesia Raya. Hafal tidak? Waktu kita masih SD mungkin hafal karena dinyanyikan setiap hari Senin pas upacara tapi sekarang? Hayooo … masih hafal lagu Indonesia Raya atau Rayuan Pulau kelapa atau Mengheningkan Cipta *ngak bole salah lho liriknya*…hehehe

* Pelajari hal-hal baru
Pelajari bahasa baru dan kebudayaan baru yang ada di dunia. Ngak ada salahnya Anda belajar bahasa lain selain bahasa ibu. Contoh kecil aja deh kata : I Love You pasti Anda semua sudah tahu artinya. Tapi tahukah Anda I Love You bahasa Rusia? Atau I Love You dalam bahasa Perancis, Jepang, Jerman atau Spanyol?

Mencoba mencari tahu arti adalah cara cepat, efisien dan hemat biaya untuk meningkatkan fungsi kognitif Anda selain menghafal lirik lagu. Mempelajari hal-hal baru juga akan membuat Anda terlihat sangat berwawasan. Benar tidak?

* Melakukan hal-hal yang menyenangkan
Agak santai sedikit, kita dapat melakukan permainan yang menyenangkan dan merangsang otak berpikir. Misalkan main catur bagus untuk mengasah strategi dan kewaspadaan, scrabble untuk memperluas kosa kata dalam bahasa Inggris, atau main kartu akan meningkatkan memori. Untuk main kartu tapi jangan pake taruhan lho ya…hehehe
Jadi main game-nya ngak Cuma main game online aja yang gada manfaatnya. Apalagi mainin game point blank yang cuma dar der dor atau poker :P

* Hindari stres
Stres juga merupakan salah satu faktor yang paling berbahaya yang mempengaruhi fungsi kognitif Anda, belum lagi berbagai efek negatif pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Hal ini penting untuk mengetahui kapan harus melepaskan diri dari tekanan rutinitas sehari-hari dan - stres secara langsung berkaitan dengan kecemasan, serangan panik dan depresi, dan semua masalah ini bila tidak ditangani akan meredam fungsi kognitif Anda.

Cara paling ampuh mengusir stres adalah mendekatkan diri dengan Sang Pencipta dengan cara berdoa, banyak baca Alqur'an. Eh ada satu lagi ding, menulis di blog adalah relaksasi dan obat mujarab menghilang stres. Ciuss..enelan.

_______________

also published :Kompasiana

No comments:

Post a Comment